Minggu, 04 Maret 2012

Ekonomi Kreatif yang terlahir lewat batok kelapa

Kang Iwan dengan hati hati membuat kerajinan batok kelapa

Sebuah kreatifitas adalah suatu hal yang mendukung pergerakan usaha ekonomi kreatif. Kreatifitas itu sendiri yang membentuk karakter , konsep dan ide dari suatu pergerakan usaha ekonomi . Tanpa kreatifitas tentu setiap perusahaan tidak akan bisa mampu bersaing di dalam pasar yang kompeten. Apalagi di zaman yang serba tehnologi ini konsep internet marketing mulai dilirik oleh kalangan pengrajin Indonesia. 

Seperti apa yang dilakukan yang oleh A Iwan, begitu kami memanggilnya. Beliau adalah seorang pengrajin hiasan batok kelapa dari dusun Cimuruy desa Mekarmulya kecamatan Situraja. beliau mencoba memvariasikan berbagai motif batok kelapa yang aneh dan unik. Beberapa perubahan yang ekstrim dalam pembuatan karya - karyanya yang bernilai seni. 

Dilatarbelakangi rasa iseng - iseng dan ingin mencoba sesuatu hal yang baru A Iwan mulai menggeluti kerajinan batok kelapa semenjak beberapa waktu silam. A Iwan mengatakan bahwa ia masih memiliki keterbatasan dalam penjualan karena selama ini A Iwan hanya membuat produk kerajinan batok kelapa bila ada pesanan. 

Saat kami bertanya kepada beliau tentang apa kendala yang sering dihadapi dalam mengembakngkan kerajinan batok kelapa ini. Beliau menjawab "Salah satu kendala utama yang saya hadapi adalah dalam hal pemasaran, kalo untuk menjual produk saya di daerah situraja sendiri masih kurang peminatnya, karena mereka bilang harga produk saya kemahalan" ujar A Iwan sambil tertawa.

A Iwan juga mengungkapkan bahwa ada kendala lainnya yang kerap dihadapi oleh beliau yaitu, bahan baku. " ada kelapa jenis kopra atau hybrida yang bentuk tempurungnya lonjong yang kadang sulit didapat" kata A Iwan. Tapi hal itu tak membuat A Iwan mundur, malahan A Iwan sendiri ingin membuka galerry di daerah jalan utama Sukatali agar banyak orang yang tahu dan memecahkan masalah pemasaran.

Sifat optimis terpancar dari sorot mata A Iwan saat kami berdiskusi dengan beliau. Begitu juga ketika kami mencoba untuk bertukar pikiran, sekedar ngobrol sambil melihat - lihat proses pembuatan kerajinan batok kelapa ini. Saat kami mengutarakan bahwa akan ada gelar produk beliau menaggapinya dengan "kalem" tapi serius. Terlihat banyaknya produk yang disiapkan untuk acara gelar produk KKU STIE SAS 2012.

"mungkin ini bisa membuka peluang pemasaran jika ada pameren atau gelar produk" ungkap beliau. Begitu khas nya kerajinan buatan beliau hingga kami pun ingin mengangkat beberapa produk unggulan yang ada di A Iwan

Berikut ini beberapa hasil karya A Iwan yang begitu unik dan menarik :
Dapat dibuka sebagai tempat permen
Celengan Batok
Hiasan Ikan Tampak Depan

Lampu tidur


Hiasan Bebek

Hiasan Bebek dengan tutup
Dapat dibuka tutup untuk tempat cemilan atau asbak





 Kami berharap semoga kreatifitas A Iwan terus berkembang,  agar kami dapat terus belajar dalam hal segi pemasaran dan produk ini juga merupakan satu potensi, satu peluang yang apabila bisa berkembang dan menjadibesar akan berdampak positif bagi Desa Mekarmulya.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management